Malaysia Tak Punya Penduduk Asli


Gambar

NEWS » Nasional |

Malaysia Tak Punya Penduduk Asli

Hukumham Jakarta – Negeri Jiran Malaysia kerap mengklaim budaya dan pulau-pulau di wilayah Indonesia. Tak segan, seorang warga Malaysia menginterpretasikan sejarah untuk mendukung pembenaran klaim tersebut.

Menurut Sekjen Masyarakat Sejarawan Indonesia, Mardaliah Alfian, klaim warga Malaysia tentang wilayah Riau dan sebagian Sumatera diragukan kebenarannya. “Malaysia itu tak punya penduduk asli, penduduk mereka kebanyakan berasal dari Sumatera, bagaimana bisa mereka mengklaim memiliki sumatera?,” ujar Mardaliah saat dihubungi wartawan.

Ditambahkannya, dalam sejarah, orang-orang Indonesia yang berasal dari sumatera bermigrasi ke Malaysia. “Johor dan Negeri Sembilan kebanyakan adalah orang Indonesia mereka imigran yang kemudian menetap di sana,” kata Mardaliah.

Seorang warga Malaysia Mohd Am menuliskan Sejarah Johor modern bermula di awal abad ke-16 setelah pembukaan sebuah negeri baru oleh Sultan Johor, anak Sultan Mahmud Shah. Di zaman kegemilangan Johor, negeri ini pernah menjadi sebuah empayar (kerajaan) besar yang mana kekuasaannya mewarisi sebahagian jajahan takluk Melaka. wilayah Johor sampai ke Terengganu di semenanjung, kepulauan Riau-Lingga dan sebahagian pantai timur Sumatera. 

“Itu hanyalah interpretasi mereka, bisa saja Indonesia mengklaim Malaysia milik Indonesia, tak perlu ditanggapi,” kata Mardaliah.  *** JMart/Okz ***

By adminredaksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s