Serikat Guru Ancam Boikot Uji Kompetensi


Gambar

 

Kamis, 26/07/2012 14:41 WIB |

Serikat Guru Ancam Boikot Uji Kompetensi

Hukumham Jakarta – Serikat guru mengancam akan memboikot uji kompetensi bagi guru bersertifikat yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Uji kompetensi ini dinilai tidak memiliki dasar hukum dan membebankan para guru.

“Kami menduga uji kompetensi guru (UKG) tidak memiliki dasar hukum dan tidak menimbulkan sanksi apa pun jika tidak mengikuti. Ada indikasi kebijakan ini proyek semata dan berniat menekan guru,” kata Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti, dalam jumpa pers di Kantor LBH Jakarta, Jalan Diponegoro, Jakpus, Kamis (26/7/2012).

Kemendikbud akan melaksanakan UKG untuk guru bersertifikat pada 30 Juli-12 Agustus 2012 di seluruh Indonesia. Federasi guru menyebut ketiadaan landasan hukum UKG dapat dilihat dari PP 19/2005 tentang standar nasional pendidikan. 

“Pemetaan hanya berlaku untuk siswa melalui UN, tidak disebutkan pemetaan untuk guru melalui UKG,” terang Retno.

Selain itu, keberatan atas program UKG ini karena para guru sebelumnya telah mengikuti uji sertifikasi. 

“Dimana data itu? Apa yang dipetakan saat itu dan hasilnya? Kami para guru yang diuji tidak pernah menerima hasilnya. Sekarang kembali diadakan uji pemetaan guru bersertifikat,” keluhnya.

Tak cuma itu, federasi guru menilai infrastruktur daerah belum memadai untuk melaksanakan UKG secara online. Kemendikbud tidak menyediakan sarana dan prasarana di tempat pelaksanaan ujian online.

Bahkan Retno menyebut, banyak guru di daerah yang terganggu psikologisnya karena adanya ujian ini. “Teman-teman daerah stres dengan UKG. Mereka tidak lagi fokus dengan siswanya tapi sibuk menghafal untuk ujian ini,” tuturnya.

Atas sejumlah alasan ini, federasi guru, sebut Retno akan memboikot pelaksanaan uji kompetensi ini. “Kami mengimbau guru se-Indonesia melakukan boikot UKG sebagai tekanan kepada Kemendikbud agar meninjau mempertimbangkan dan memperbaiki kebijakan UKG sesuai peraturan yang berlaku,” ujar dia. *** JMart/Dtk ***

By adminredaksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s